AMELIA, RIZKA and Izzati, Nur and Rosmery Tambunan, Linda (2023) ANALISIS LEVEL BERPIKIR GEOMETRI SISWA BERDASARKAN GENDER DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS SEGITIGA MENGGUNAKAN KONSEP TRIGONOMETRI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Rizka_Amelia_160384202010_Pendidikan_Matematika-Cover.pdf - Published Version Download (270kB) |
|
Text (Abstrak)
Rizka_Amelia_160384202010_Pendidikan_Matematika-Abstrak.pdf - Published Version Download (61kB) |
|
Text (BAB I)
Rizka_Amelia_160384202010_Pendidikan_Matematika-BAB I.pdf - Published Version Download (102kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Rizka_Amelia_160384202010_Pendidikan_Matematika-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (103kB) |
|
Text (Full Text)
Rizka_Amelia_160384202010_Pendidikan_Matematika-Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan level berpikir 2 siswa laki-laki dan 2 perempuan kelas 10 Nautika SMK Negeri 5 Tanjungpinang tahun ajaran 2022/2023 dalam menyelesaikan soal luas segitiga menggunakan konsep trigonometri berdasarkan 5 level berpikir geometri Van Hiele. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen tes yang digunakan yaitu tes tingkat berpikir geometri pada materi luas segitiga menggunakan konsep trigonometri dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Dari 26 siswa yang mengerjakan tes, peneliti memilih 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan untuk dijadikan subjek yang diambil berdasarkan jawaban terbanyak siswa dari soal tes luas segitiga menggunakan konsep trigonometri, tahap selanjutnya subjek dilakukan wawancara untuk mengetahui level berpikir siswa. Hasil penelitian di dapat level berpikir dengan teori Van Hiele 2 siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal luas segitiga menggunakan konsep trigonometri mencapai tahap 4 (rigor), sedangkan 2 siswa perempuan mencapai tahap 2 (deduksi informal), sehingga level berpikir geometri 2 siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal luas segitiga menggunakan konsep trigonometri lebih baik dari pada 2 siswa perempuan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 04:28 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 04:28 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5693 |
Actions (login required)
View Item |