Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SELUNCURAN TANGGA PADA MATERI TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2022/2023

HASTARI, HASTARI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SELUNCURAN TANGGA PADA MATERI TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
HASTARI_190388201018_PBSI_COVER.pdf - Published Version

Download (813kB)
[img] Text (Abstrak)
HASTARI_190388201018_PBSI_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Text (Bab 1)
HASTARI_190388201018_PBSI_BAB 1.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
HASTARI-190388201018_PBSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (FULL TEKS)
HASTARI_190388201018_PBSI_FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran seluncuran tangga pada materi teks persuasi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tanjungpinang dengan mengukur tingkat validitas dan kepraktisan dari media yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu model 4D yang dimulai dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), sampai pada tahap pengembangan (develop). Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media visual kreatif berupa seluncuran tangga. Media seluncuran tangga dilakukan validasi oleh dua ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Jumlah siswa kelompok uji coba kepraktisan media, yaitu 5 siswa untuk kelompok kecil dan 25 siswa untuk kelompok besar. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, angket validasi para ahli, dan angket kepraktisan media. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian validitas dan kepraktisan media serta deskriptif kualitatif untuk menganalisis komentar, saran, dan masukan terhadap media. Hasil penelitian ini adalah media seluncuran tangga dengan persentase validasi dari ahli media mencapai 90% dengan kriteria “sangat valid” dan validasi ahli materi mencapai 88% dengan kriteria “sangat valid”. Setelah itu, dilakukan uji coba kepraktisan media kepada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tanjungpinang dengan persentase mencapai 88.4% dengan kriteria “sangat praktis” untuk kelompok kecil dan 88,72% dengan kriteria “sangat praktis” untuk kelompok besar. Penelitian ini dapat dijadikan acuan penelitian lanjutan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari media seluncuran tangga dan juga dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan media visual kreatif lainnya

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDElfitra, LegiNIP.198501292015042002
UNSPECIFIEDTesty Ariance Loren, FabioNIP.199201102019032021
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa Indonesia
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:40
Last Modified: 08 Aug 2023 06:40
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5694

Actions (login required)

View Item View Item