HAERANI SAPUTRI, DISTYA and Izzati, Nur and Siregar, Nur Asma Riani (2023) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 15 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
DISTYA HAERANI SAPUTRI_190384202002_Pendidikan Matematika - Cover.pdf - Published Version Download (837kB) |
|
Text (Abstrak)
DISTYA HAERANI SAPUTRI_190384202002_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf.pdf - Published Version Download (115kB) |
|
Text (BAB I)
DISTYA HAERANI SAPUTRI_190384202002_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf.pdf - Published Version Download (256kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DISTYA HAERANI SAPUTRI_190384202002_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf.pdf - Published Version Download (199kB) |
|
Text (Full Teks)
DISTYA HAERANI SAPUTRI_190384202002_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini sebanyak 8 siswa dari kelas VIII B SMP Negeri 15 Tanjungpinang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknis tes dan wawancara semi terstruktur. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa siswa yang memiliki kemampuan representasi sangat tinggi mampu menguasai ketiga indikator representasi matematis, yaitu indikator representasi visual, persamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau teks tertulis. Siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis tinggi mampu memenguasai kedua indikator representasi matematis, yaitu indikator representasi visual dan persamaan atau ekspresi matematis. Siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis sedang hanya mampu memenguasai satu indikator representasi matematis, yaitu indikator representasi visual atau ekspresi matematis. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis kurang tidak mampu menguasai ketiga indikator representasi matematis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:24 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:24 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5711 |
Actions (login required)
View Item |