ROERY ANANDA, AUDINA and Sarkity, Dios and Eka Kusuma Hindrasti, Nur (2023) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Audina Roery Ananda_160384205034_Pendidikan Biologi_Cover.pdf - Published Version Download (464kB) |
|
Text (Abstrak)
AUDINA ROERY ANANDA_160384205034_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf - Published Version Download (33kB) |
|
Text (BAB I)
AUDINA ROERY ANANDA_160384205034_Pendidikan Biologi_BAB I.pdf - Published Version Download (110kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Audina Roery Ananda_160384205034_Pendidikan Biologi_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (46kB) |
|
Text (Full Teks)
Audina Roery Ananda_160384205034_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Ananda, A. R. 2023. Hubungan Antara Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar. Skripsi. Tanjungpinang. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Assist. Prof. Dios Sarkity, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Assist. Prof. Nur Eka Kusuma Hindrasti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Hubungan, Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengembangan bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pada mata kuliah pengembangan bahan ajar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel sehingga sampel penelitian berjumlah 39 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment karena data terdistribusi normal. Pada uji korelasi diketahui bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengembangan bahan ajar. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) 0,004>0,0050 dengan tingkat keeratan hubungan dilihat dari nilai Pearson Correlation 0,446 dengan kategori berkorelasi sedang. Hubungan kedisiplinan belajar dan hasil belajar termasuk korelasi positif yang sedang karena besar pengaruh yang disumbangkan variabel disiplin terhadap hasil belajar yang ditunjukkan oleh nilai R square sebesar 19,9%, jadi tidak sepenuhnya hasil belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan saja, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain seperti kecerdasan, minat, bakat, motivasi dan kesiapan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378.598 Higher Education in Indonesia/Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2023 07:11 | |||||||||
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:11 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5876 |
Actions (login required)
View Item |