NURPALIZA, NURPALIZA and Akhyary, Edy and Okparizan, Okparizan (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN DURAI KABUPATEN KARIMUN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
NURPALIZA_190563201017_Ilmu Administrasi Negara_Cover.pdf - Published Version Download (805kB) |
|
Text (Abstrak)
NURPALIZA_190563201017_Ilmu Administrasi Negara_Abstrak.pdf - Published Version Download (15kB) |
|
Text (BAB I)
NURPALIZA_190563201017_Ilmu Administrasi Negara_BAB I.pdf - Published Version Download (148kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
NURPALIZA_190563201017_Ilmu Administrasi Negara_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (244kB) |
|
Text (Full Teks)
NURPALIZA_190563201017_Ilmu Administrasi Negara_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Implementasi Kebijakan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Durai Kabupaten Karimun. Penelitian ini mengacu pada model implementasi kebijakan model Van Metter dan Van Horn, standard dan ukuran kebijakan, sumber daya dan insentif tersedia, kualitas hubungan antar organisasi, karakteristik lembaga pelaksana, lingkungan ekonomi, sosial dan politik, dan disposisi atau tanggapan para pelaksana. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diproleh selanjutnya dianalisis menggunakan langkah-langkah meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi sudah melibatkan pihak-pihak terkait seperti staf puskesmas bagian farmasi pelayanan, pendaftaran dan menanggungjawab program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (PBJS) Kesehatan, beserta masyarakat yang berobat dipuskesmas sebagai penerima kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Didalam indikator standar dan ukuran kebijakan masyarakat diperioritaskan dalam mendapatkan kartu BPJS. Selanjutnya dalam indikator sumber daya dan insentif tersedia, sarana prasarana masih minim. Kemudian kualitas hubungan antar organisasi diberikan sudah baik. Pada karakteristik lembaga pelaksana sedikit kurang dengan ada perbedaan pembayaran dari masyarakat penerima kartu BPJS. Selanjutnya lingkungan ekonomi, sosial dan politik tindakan dari pemerintah memberikan pelayanan yang baik. Kemudian pada indikator disposisi atau tanggapan para pelaksana, dimana sikap pelaksana sudah baik dan memiliki komitmen dalam implementasi kebijakan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 303.6 Conflict Social/Konflik Sosial | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2023 07:06 | |||||||||
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:06 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5975 |
Actions (login required)
View Item |