Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN DURAI KABUPATEN KARIMUN

NURPALIZA, NURPALIZA and Akhyary, Edy and Okparizan, Okparizan (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN DURAI KABUPATEN KARIMUN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
NURPALIZA_190563201017_Ilmu Administrasi Negara_Cover.pdf - Published Version

Download (805kB)
[img] Text (Abstrak)
NURPALIZA_190563201017_Ilmu Administrasi Negara_Abstrak.pdf - Published Version

Download (15kB)
[img] Text (BAB I)
NURPALIZA_190563201017_Ilmu Administrasi Negara_BAB I.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
NURPALIZA_190563201017_Ilmu Administrasi Negara_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (Full Teks)
NURPALIZA_190563201017_Ilmu Administrasi Negara_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Implementasi Kebijakan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Durai Kabupaten Karimun. Penelitian ini mengacu pada model implementasi kebijakan model Van Metter dan Van Horn, standard dan ukuran kebijakan, sumber daya dan insentif tersedia, kualitas hubungan antar organisasi, karakteristik lembaga pelaksana, lingkungan ekonomi, sosial dan politik, dan disposisi atau tanggapan para pelaksana. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diproleh selanjutnya dianalisis menggunakan langkah-langkah meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi sudah melibatkan pihak-pihak terkait seperti staf puskesmas bagian farmasi pelayanan, pendaftaran dan menanggungjawab program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (PBJS) Kesehatan, beserta masyarakat yang berobat dipuskesmas sebagai penerima kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Didalam indikator standar dan ukuran kebijakan masyarakat diperioritaskan dalam mendapatkan kartu BPJS. Selanjutnya dalam indikator sumber daya dan insentif tersedia, sarana prasarana masih minim. Kemudian kualitas hubungan antar organisasi diberikan sudah baik. Pada karakteristik lembaga pelaksana sedikit kurang dengan ada perbedaan pembayaran dari masyarakat penerima kartu BPJS. Selanjutnya lingkungan ekonomi, sosial dan politik tindakan dari pemerintah memberikan pelayanan yang baik. Kemudian pada indikator disposisi atau tanggapan para pelaksana, dimana sikap pelaksana sudah baik dan memiliki komitmen dalam implementasi kebijakan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorAkhyari, EdyNIDN. 1008096901
ContributorOkparizan, OkparizanNIP. 19831001632011002
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 303.6 Conflict Social/Konflik Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: user IAN
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:06
Last Modified: 10 Aug 2023 07:06
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5975

Actions (login required)

View Item View Item