WAHYUNI, ABRINA and Yulita, Inelda and Fitriani, Rita (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
ABRINA WAHYUNI_190384204010_Pendidikan Kimia_Cover.pdf Download (423kB) |
|
Text (Abstrak)
ABRINA WAHYUNI_190384204010_Pendidikan Kimia_Abstrak .pdf - Published Version Download (101kB) |
|
Text (Bab I)
ABRINA WAHYUNI_190384204010_Pendidikan Kimia_Bab I.pdf - Published Version Download (118kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
ABRINA WAHYUNI_190384204010_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka .pdf - Published Version Download (326kB) |
|
Text (Full Teks)
ABRINA WAHYUNI_190384204010_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan media video animasi pada materi hidrokarbon kelas XI dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penggunaan media pembelajaran elektronik maupun nonelektronik di SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Teknologi dimanfaatkan sebagai bagian dari media pembelajaran yang dapat menyajikan materi pelajaran agar lebih menarik dan memudahkan penyampaian materi pembelajaran. Media pembelajaran berteknologi menjadikan proses pembelajaranlebih efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi pada materi hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media yang dikembangkan divalidasi oleh satu orang ahli media dan satu orang ahli materi. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa 45 SMAN 2 Tanjungpinang kelas XI IPA 6. Hasil peneltian uji ahli media adalah sebesar 84,38% dengankriteria sangat valid dan penilaian uji ahli materi adalah sebesar 75% dengan kriteria valid. Persentase praktikalitas pendidik terhadap produk sebesar 89,29% dengan kriteria sangat praktis dan persentase praktikalitas peserta didik terhadap produk sebesar 86,27% dengan kategori sangat praktis. Persentase uji efektivitas terhadap produk sebesar60,44% dengan kategori cukup efektif. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi yang telah dikembangkan mendapatkan kriteria valid, sangat praktis dan cukup efeketif untuk digunakan dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:37 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2024 03:37 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6594 |
Actions (login required)
View Item |