Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI

WAHYUNI, ABRINA and Yulita, Inelda and Fitriani, Rita (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
ABRINA WAHYUNI_190384204010_Pendidikan Kimia_Cover.pdf

Download (423kB)
[img] Text (Abstrak)
ABRINA WAHYUNI_190384204010_Pendidikan Kimia_Abstrak .pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (Bab I)
ABRINA WAHYUNI_190384204010_Pendidikan Kimia_Bab I.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
ABRINA WAHYUNI_190384204010_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (Full Teks)
ABRINA WAHYUNI_190384204010_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Pengembangan media video animasi pada materi hidrokarbon kelas XI dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penggunaan media pembelajaran elektronik maupun nonelektronik di SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Teknologi dimanfaatkan sebagai bagian dari media pembelajaran yang dapat menyajikan materi pelajaran agar lebih menarik dan memudahkan penyampaian materi pembelajaran. Media pembelajaran berteknologi menjadikan proses pembelajaranlebih efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi pada materi hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media yang dikembangkan divalidasi oleh satu orang ahli media dan satu orang ahli materi. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa 45 SMAN 2 Tanjungpinang kelas XI IPA 6. Hasil peneltian uji ahli media adalah sebesar 84,38% dengankriteria sangat valid dan penilaian uji ahli materi adalah sebesar 75% dengan kriteria valid. Persentase praktikalitas pendidik terhadap produk sebesar 89,29% dengan kriteria sangat praktis dan persentase praktikalitas peserta didik terhadap produk sebesar 86,27% dengan kategori sangat praktis. Persentase uji efektivitas terhadap produk sebesar60,44% dengan kategori cukup efektif. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi yang telah dikembangkan mendapatkan kriteria valid, sangat praktis dan cukup efeketif untuk digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDYulita, IneldaNIP. 198607058420420040
UNSPECIFIEDFitriani, RitaNIP. 199110042019032023
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:37
Last Modified: 24 Jan 2024 03:37
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6594

Actions (login required)

View Item View Item