Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEMARI PINTAR PADA MATERI TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 15 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

NABILA, NABILA and Shanty, Isnaini Leo and Loren, Fabio Testy Ariance (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEMARI PINTAR PADA MATERI TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 15 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (cover)
NABILA_190388201090_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_ Cover.pdf - Published Version

Download (855kB)
[img] Text (Abstrak)
NABILA_190388201090_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_ Abstrak.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (Bab I)
NABILA_190388201090_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_ Bab I.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
NABILA_190388201090_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_ Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Full Teks)
NABILA_190388201090_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_ Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
NABILA_190388201090_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_ Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran lemari pintar pada materi teks persuasi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2022/2023, dengan mengukur uji validasi dan uji kepraktisan dari media yang telah dikembangkan. Model penelitian pengembangan yang digunakan penelitian ini yaitu model 4D (Four-D) yang diawali dengan tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan(development). Adapun pengertian media pembelajaran menggunakan teori ahli yaitu, Menurut Kustandi dan Darmawan, (2020:6) Media pembelajaran ialah sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar. Sedangkan pengertian teks persuasi menggunakan teori ahli yaitu, Menurut Hanum, dkk. (2020:22) teks persuasi adalah teks yang berisikan ajakan kepada seseorang dengan cara meyakinkan seseorang dan membujuk. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran berbentuk lemari yang mengutamakan pada aspek visual. Media pembelajaran lemari pintar dilakukan dengan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. selain itu, dilakukan juga uji kepraktisan guru bahasa Indonesia dan uji kepraktisan kelompok kecil yang berjumlah 8 siswa, dan uji kepraktisan kelompok besar yang berjumlah 40 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini, ialah lembar angket validasi media oleh ahli media, lembar angket validasi materi oleh ahli materi, dan lembar angket untuk mengukur kepraktisan media pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif untuk menjabarkan kritik dan saran yang diberikan oleh ahli dan guru, siswa. Selain itu, deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian uji validasi dan uji kepraktisan. Hasil penelitian ini, berdasarkan uji validasi media oleh ahli media yaitu 92% dengan kualifikasi penilaian “sangat valid”. berdasarkan uji validasi materi oleh ahli media yaitu 80% dengan kualifikasi “valid”. berdasarkan uji kepraktisan guru yaitu 80% dengan kualifikasi penilaian “praktis”. berdasarkan uji kepraktisan kelompok kecil yaitu 92% dengan kualifikasi penilaian “sangat praktis”, dan uji kepraktisan kelompok besar yaitu 89% dengan kualifikasi penilaian “sangat praktis”. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji kepraktisan, media pembelajaran lemari pintar sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dapat dijadikan acuan penelitian lanjutan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari media lemari pintar dan juga dijadikan referensi untuk pengembangan media pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDShanty, Isnaini LeoNIP.192607261986012001
UNSPECIFIEDLoren, Fabio Testy ArianceNIP.199201102019032021
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa Indonesia
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:03
Last Modified: 23 Jan 2024 08:03
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6664

Actions (login required)

View Item View Item