ISMAIL, RIQQAH RAHMADIA and Shanty, Isnaini Leo and Kurmalasari, Tety (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI ISI TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 40 BATAM TAHUN PELAJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
RIQQAH RAHMADIA ISMAIL_2003010053_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Cover.pdf - Published Version Download (595kB) |
|
Text (Abstrak)
RIQQAH RAHMADIA ISMAIL_2003010053_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Abstrak.pdf - Published Version Download (314kB) |
|
Text (BAB I)
RIQQAH RAHMADIA ISMAIL_2003010053_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_BAB 1.pdf - Published Version Download (537kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
RIQQAH RAHMADIA ISMAIL_2003010053_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (419kB) |
|
Text (Full Text)
RIQQAH RAHMADIA ISMAIL_2003010053_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
RIQQAH RAHMADIA ISMAIL_2003010053_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Lampiran.pdf - Published Version Download (928kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan mengidentifikasi isi teks deskripsi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Batam Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Ketentuan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogrov-Smirnov. Dilihat dari signifikansi data pretest sebesar 0,001 < 0,05 sehingga data tidak berdistribusi normal. Pada hasil posttest data berdidtribusi tidak normal dengan signifikansi 0,001 < 0,05, didapatkan simpulan data tidak berdistribusi normal sehingga menggunakan uji non-parametrik pada uji hipotesis. Setelah melakukan uji normalitas untuk melihat data berpengaruh atau tidak peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon diperoleh Asymp.Sig. (2-tailed) berjumlah 0,001. Keputusan pengujian nilai 0,001 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian terdapat pengaruh model talking stick terhadap kemampuan mengidentifikasi isi teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Batam tahun pelajaran 2023/2024. Berdasarkan pemeparan di atas, didapatkan kesimpulan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Model pembelajaran talking stick dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan mengidentifikasi isi teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Batam.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 400. Bahasa > 410. Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2024 01:58 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jan 2024 01:58 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6827 |
Actions (login required)
View Item |