YUSELI, LIANA and YUDIATMAJA, WAYU EKO and Sholeh, Chaereyranba (2024) FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN INTENSI PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA PEMERINTAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PARTISIPASI PUBLIK: STUDI KASUS INSTAGRAM diskominfo.provkepri. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Liana_Yuseli_190563201131_Ilmu Administrasi Negara_Cover...pdf Download (515kB) |
|
Text (Abstrak)
Liana_Yuseli_190563201131_Ilmu Administrasi Negara_Abstrak.pdf - Published Version Download (275kB) |
|
Text (BAB 1)
Liana_Yuseli_190563201131_Ilmu Administrasi Neagar_Bab 1.pdf - Published Version Download (286kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Liana_Yuseli_190563201131_Ilmu Administrasi Negara_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (520kB) |
|
Text (Full Text)
Liana_Yuseli_190563201131_Ilmu Administrasi Negara_Full text..pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial merupakan alat yang dapat mendukung komunikasi di dalam jaringan sosial. Pertumbuhan media sosial yang luar biasa terjadi karena media sosial merupakan seperangkat alat yang melayani beberapa kebutuhan sosial yang memungkinkan individu untuk lebih mudah mengakses dan menggunakan jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi penggunaan Instagram pemerintah dan menganalisis pengaruh intensi penggunaan Instagram pemerintah terhadap partisipasi publik. Dengan menggunakan teori Penggunaan dan Kepuasan atau Uses and Gratification Theory (UGT) penulis mengidentifikasi faktor-faktor intensi dan partisipasi publik dengan menggunakan variabel (Information Seeking, Generated Content, Entertainment, Social Interaction, Pengguna GSM (Government Social Media), dan Public Engagement) untuk melihat keinginan seseorang dalam menggunakan media sosial pemerintah. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh followers Instagram diskominfo.provkepri dengan sampel 374. Namun setelah melalui beberapa proses dalam penyebaran kuesioner maka didapat jumlah responden yang digunakan dalam mengolah data tersebut berjumlah 204 responden. Pada penelitian ini peneliti menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling) dan aplikasi SmartPLS (Partial Least Square) versi 3.2.9. penelitian ini terdapat 2 variabel yang tidak signifikan yaitu variabel Information Seeking dan Generated Content. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini yaitu media sosial pemerintah dapat mengangkat partisipasi dari masyarakat dalam bentuk online. Hal ini menunjukkan bahwa niat, kemauan, dan keinginan seseorang untuk melihat atau mengunjungi akun sosial media pemerintah menaruh keinginan yang besar untuk sebagai hiburan. Hal ini disebabkan karena sebagian besar dari responden yang didapat pada penelitian ini yaitu generasi Z. Kata Kunci : Media Sosial, UGT (Uses and Gratification Theory), Instagram, Intensi.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2024 02:29 | |||||||||
Last Modified: | 02 Feb 2024 02:29 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7003 |
Actions (login required)
View Item |