Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS PEMBIAYAAN PRODUK KREASI DALAM PERKEMBANGAN UMKM PADA PT PEGADAIAN CABANG TANJUNGPINANG TIMUR

PUJI HIRMAH, NUR and Iranita, Iranita and Absari Indah Pratiwi, Risdy (2024) ANALISIS PEMBIAYAAN PRODUK KREASI DALAM PERKEMBANGAN UMKM PADA PT PEGADAIAN CABANG TANJUNGPINANG TIMUR. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
NUR_PUJI_HIRMAH_190461201099_Manajemen-Cover.pdf - Published Version

Download (874kB)
[img] Text (Abstrak)
NUR_PUJI_HIRMAH_190461201099_Manajemen-Abstrak.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (BAB I)
NUR_PUJI_HIRMAH_190461201099_Manajemen-BAB I.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
NUR_PUJI_HIRMAH_190461201099_Manajemen-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Full Teks)
NUR_PUJI_HIRMAH_190461201099_Manajemen- Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (757kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

UMKM adalah bentuk usaha ekonomi produktif yang potensial dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, PT Pegadaian menerbitkan produk Kreasi yang bertujuan untuk membantu para UMKM dalam mengatasi permasalahan terkait dengan keterbatasan modal dalam pengembangan usaha, yaitu dengan cara memberikan pembiayaan Kreasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pembiayaan produk kreasi serta perkembangan UMKM setelah memperoleh pembiayaan produk kreasi pada PT Pegadaian Cabang Tanjungpinang Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, dimana responden yang diwawancarai berjumlah dua orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan produk kreasi di PT Pegadaian Cabang Tanjungpinang Timur sangat berpengaruh terhadap perkembangan UMKM. Hal ini dapat terlihat dari pendapatan rata-rata UMKM setelah memperoleh pembiayaan produk kreasi meningkat secara signifikan daripada sebelum memperoleh pembiayaan produk kreasi. Dari hasil wawancara empat responden, pendapatannya nasabah meningkat yaitu berkisar antara Rp. 10.000.000,00 – Rp. 30.000.000,00 per bulan, sehingga aset usaha, keuntungan usaha, dan tenaga kerja nasabah dapat bertambah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDIranita, IranitaNIP.197008272021212003
UNSPECIFIEDAbsari Indah Pratiwi, RisdyNIP.199012132018032001
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: user manajemen
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:49
Last Modified: 06 Feb 2024 03:49
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7150

Actions (login required)

View Item View Item