ANITA, MUTIARA and Asma Riani Siregar, Nur and Astuti, Puji (2024) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI KARAKTERISTIK BERPIKIR MENURUT GREGORC. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
MUTIARA ANITA_2003020009_Pendidikan Matematika - Cover_compressed.pdf - Published Version Download (703kB) |
|
Text (Abstrak)
MUTIARA ANITA_2003020009_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version Download (561kB) |
|
Text (BAB I)
MUTIARA ANITA_2003020009_Pendidikan Matematika - BAB I.pdf - Published Version Download (788kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
MUTIARA ANITA_2003020009_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (527kB) |
|
Text (Full Teks)
MUTIARA ANITA_2003020009_Pendidikan Matematika - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelsaikan masalah kontekstual pada materi program linear ditinjau dari karakteristik berpikir menurut gregorc. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2024 di SMA Negeri 1 Lingga. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa yang memiliki karakteristik berpikir sekuensial konkret, 2 siswa dengan karakteristik berpikir sekuensial abstrak, 2 siswa dengan karakteristik berpikir acak konkret dan 2 siswa dengan karakteristik beripikir acak abstrak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah adalah teknik tes dan wawancara. Instrumen yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu peneliti dan didukung dengan instrumen tes karakteristik berpikir, instrumen tes kemampuan representasi matematis dan pedoman wawancara. Data akan dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan sesuai dengan teknik analisis Sugiyono. Adapun data yang didapatkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan karakteristik berpikir sekuensial konkret lebih baik dibandingkan siswa dengan kategori sekuensial abstrak, acak konkret dan acak abstrak. Siswa dengan kategori sekuensial abstrak mampu memenuhi 3 indikator representasi matematis pada lembar jawaban, siswa dengan kategori acak konkret mampu memenuhi 3 indikator kemampuan representasi matematis pada saat wawancara dan siswa dengan kategori acak abstrak mampu memenuhi 3 indikator representasi matematis pada saat tes dan wawancara.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 04:55 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 04:55 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7431 |
Actions (login required)
View Item |