IFTITAH, WIRADANTI AURELIA and Febrian, Febrian and Astuti, Puji (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TIPE PISA KONTEN UNCERTAINTY AND DATA PADA MATERI STATISTIKA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Wiradanti Aurelia Iftitah_2003020015_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (610kB) |
|
Text (Abstrak)
Wiradanti Aurelia Iftitah_2003020015_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (64kB) |
|
Text (BAB I)
Wiradanti Aurelia Iftitah_2003020015_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (231kB) |
|
Text (Full Teks)
Wiradanti Aurelia Iftitah_2003020015_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Wiradanti Aurelia Iftitah_2003020015_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (279kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi siswa kelas X dalam menyelesaikan masalah tipe PISA konten uncertainty and data pada materi statistika. Indikator yang digunakan menurut PISA yaitu merumuskan situasi nyata secara matematis, menerapkan konsep matematika, fakta prosedur, dan penalaran, dan menafsirkan matematika. Jenis penelitian adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X M SMA Negeri 3 Batam yang berusia 15 tahun berjumlah 20 siswa. Dari 20 siswa yang memberikan jawaban tes, terpilih 12 siswa yang memberikan jawaban yang valid. Teknik pengumpulan data menggunaan tes dan wawancara. Analisis data dalam penilitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa yaitu 2 siswa dari 12 siswa termasuk kategori tinggi, 4 siswa dari 12 siswa termasuk kategori sedang, dan 6 siswa dari 12 siswa termasuk kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa kelas X M di SMA Negeri 3 Batam sebagian besar berada pada kategori rendah. Siswa dengan kemampuan literasi matematis kategori tinggi mampu memenuhi ke dalam 3 (tiga) indikator kemampuan literasi matematis yaitu merumuskan situasi secara matematis, menerapkan konsep matematika, fakta, prosedur, dan penalaran. Dan siswa dengan kemampuan literasi matematis kategori sedang dan rendah lebih cenderung memenuhi 1 (satu) indikator yaitu merumuskan situasi nyata secara matematis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 04:48 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 04:48 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7445 |
Actions (login required)
View Item |