SIHOMBING, ASTRI INTAN ARTAULI BR and Yulita, Inelda and Fitriani, Rita (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI KOLOID. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Astri Intan Artauli Br. Sihombing_2003040014_Pendidikan Kimia-Cover.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (864kB) | Request a copy |
|
Text (Abstrak)
Astri Intan A. Br. Sihombing_2003040014_Pendidikan Kimia - Abstrak.pdf - Published Version Download (271kB) |
|
Text (Bab I)
Astri Intan A. Br. Sihombing_2003040014_Pendidikan Kimia - BAB I.pdf - Published Version Download (427kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Astri Intan A. Br. Sihombing_2003040014_Pendidikan Kimia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (171kB) |
|
Text (Full Teks)
Astri Intan Artauli Br.Sihombing_2003040014_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Bahan ajar memiliki peranan penting bagi peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan serta meningkatkan kreativitas dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu dikembangkan E-LKPD Praktikum Kimia Berbasis Etnosains untuk Menentukan Kreativitas Peserta Didik SMA pada Materi Koloid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji tingkat validasi, praktikalitas dan menentukan kreativitas peserta didik dari E-LKPD Praktikum Kimia Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMA pada Materi Koloid. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Bahan ajar divalidasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli bahan ajar. Subjek penelitian adalah guru dan pesertadidik kelas XII IPA SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Hasil validasi materi sebesar 75% dengan kategori valid dan persentase bahan ajar sebesar 86,11% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas guru terhadap produk mendapatkan persentase sebesar 97,5% dengan kategori sangat praktis dan persentase praktikalitas peserta didik memperoleh 80,15% dengan kategori praktis. Hasil persentase menentukan kreativitas peserta didik memperoleh 80,43% dengan kategori kreatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD praktikum kimia berbasis etnosains untuk meningkatkan kreativitas peserta didik SMA pada materi koloid sudah layak digunakan dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:24 | |||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 07:24 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7623 |
Actions (login required)
View Item |