PARDEDE, MONIKA PUTRI and Pardi, Hilfi and Sabekti, Ardi Widhia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GOOGLE SITES BERBASIS INKURI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Monika Putri Pardede_2003040015_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (700kB) |
|
Text (Abstrak)
Monika Putri Pardede_2003040015_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (142kB) |
|
Text (BAB I)
Monika Putri Pardede_2003040015_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version Download (227kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Monika Putri Pardede_2003040015_Pendidikan Kimia_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (222kB) |
|
Text (Fullteks)
Monika Putri Pardede_ 2003040015_Pendidikan Kimia_Fulltext (1)..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran interaktif google sites berbasis inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi dilakukan karena kurangnya ketertarikan peserta didik pada pembelajaran kimia, guru belum menggunakan media interaktif dan kurangnya aktivitas belajar mandiri peserta didik di SMA Negeri 4 Tanjungpinang sehingga perlunya model pembelajaran yang mendukung agar peserta didik mampu membangun pengetahuannya sendiri yaitu model inkuiri terbimbing. Media ini dikembangkan untuk membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran kimia terutama pada materi laju reaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan serta menguji tingkat validitas dan praktikalitas dari media interaktif google sites. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE : Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan) dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian dilakukan sampai tahap implementation (penerapan). Media pembelajaran ini divalidasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Subjek penelitian adalah seorang guru dan 29 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Penelitian ini memproleh hasil persentase validasi materi sebesar 83,8% dan media sebesar 92,7% dengan kategori sangat valid. Hasil persentase praktikalitas guru sebesar 80% dengan kategori praktis dan hasil persentase praktikalitas peserta didik sebesar 89,2% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif google sites berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan dalam proses pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:27 | |||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 04:27 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7626 |
Actions (login required)
View Item |