MARYUNDA, SARI and Andheska, Harry and Elfitra, Legi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI TEKS PROSEDUR (TERATUR) BERBANTUAN ADOBE ANIMATE PADA MATERI TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
SARI MARYUNDA_2003010033_PBSI_COVER.pdf - Published Version Download (819kB) |
|
Text (ABSTRAK)
SARI MARYUNDA_2003010033_PBSI_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (123kB) |
|
Text (BAB I)
SARI MARYUNDA_2003010033_PBSI_BAB 1.pdf - Published Version Download (162kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SARI MARYUNDA_2003010033_PBSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (209kB) |
|
Text (FULL TEKS)
SARI MARYUNDA_2003010033_PBSI_FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran literasi teks prosedur (teratur) pada materi teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Media literasi teks prosedur (teratur) melalui tahap tingkat validasi dan kepraktisan yang diukur melalui tahap validasi ahli media dan uji kepraktisan media oleh kelompok kecil dan kelompok besar. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap development (pengembangan). Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media digital dengan berbantuan aplikasi adobe animate sebagai sarana dalam membuat media literasi teks prosedur (teratur). Pada media ini terdapat materi teks prosedur dan soal pilihan ganda yang berkaitan dengan teks prosedur. Selain itu, terdapat juga petunjuk penggunaan media ini untuk memudahkan pemakaian. Media ini juga dilengkapi dengan KI, KD, indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran. Uji coba kepraktisan media dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok kecil dengan jumlah lima siswa dan kelompok besar dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk menganalisis presentase nilai rata-rata yang diberikan oleh ahli media dan uji coba kepraktisan media, selanjutnya deskriptif kualitatif untuk menganalisis komentar, saran dan masukan terhadap media. Hasil produk dari penelitian ini adalah media pembelajaran literasi teks prosedur (teratur) dengan presentase dari ahli media memperoleh rata-rata 99% dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli ahli materi memperoleh rata-rata 95% dengan kriteria sangat valid. Setelah itu, dilakukan uji coba kepraktisan media kepada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Uji coba kepraktisan media oleh kelompok kecil meperoleh rata-rata 87,6% dengan kriteria sangat praktis, selanjutnya uji coba kepraktisan media oleh kelompok besar memperoleh rata-rata 86,8% dengan kriteria sangat praktis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 000_umum > 000. Ilmu Umum dan Komputer > 005.1.Pemrograman | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa1 | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:41 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2024 04:41 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7628 |
Actions (login required)
View Item |