Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH KREATIVITAS, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA UMKM DI KOTA TANJUNGPINANG

RAHMAH, SITI and Rafki, Rasyid and Bunga, Paramita (2024) PENGARUH KREATIVITAS, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA UMKM DI KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
SITI_RAHMAH_2004020003_Cover.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text (Abstrak)
SITI_RAHMAH_2004020003_Abstrak.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (BAB I)
SITI_RAHMAH_2004020003_BAB I.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
SITI_RAHMAH_2004020003_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Full Teks)
SITI_RAHMAH_2004020003_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Kreativitas, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Pada UMKM di Kota Tanjungpinang. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh padagang UMKM makanan dan minuman dengan minimal 1 tahun lama usaha yang ada di Kota Tanjungpinang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pada kuesioner dilakukan tervalidasi dan reabilitas. Data yang digunakan menggunakan analisis regresi linear berganda, termasuk uji t dan uji F. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel kreativitas (X1), Pengetahuan Kewirausahaan (X2), dan Inovasi Produk (X3) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha (Y). Hasil uji F dapat nilai F hitung 122,856 dengan F tabel 8,381. Mengidentifikasikan bahwa variabel kreativitas, pengetahuan kewirausahaan, dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R²) didapat sebesar 68,3%. variabel keberhasilan usaha (Y) dipengaruhi oleh variabel kreativitas (X1), pengetahuan kewirausahaan (X2), dan inovasi produk (X3) sedangkan sisa persentase sebesar 31,7% merupakan variabel yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini yang dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDRafki, RasyidNIP. 197609252021211003
UNSPECIFIEDBunga, ParamitaNIP.198401122024212016
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: user manajemen
Date Deposited: 09 Aug 2024 01:58
Last Modified: 09 Aug 2024 01:58
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8084

Actions (login required)

View Item View Item