ASHYA, DEYVIA and Kurnianingsih, Fitri and Okparizan, Okparizan (2022) MODEL M-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI POLISI KARIMUN DI POLRES KABUPATEN KARIMUN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
DEYVIA_ASHYA_180563201009_Ilmu Administrasi Negara- Cover.pdf - Published Version Download (834kB) |
|
Text (Abstrak)
DEYVIA_ASHYA_180563201009_Ilmu Administrasi Negara- Abstrak.pdf - Published Version Download (149kB) |
|
Text (BAB 1)
DEYVIA_ASHYA_180563201009_Ilmu Administrasi Negara- BAB 1.pdf - Published Version Download (317kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DEYVIA_ASHYA_180563201009_Ilmu Administrasi Negara- Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (163kB) |
|
Text (Full Teks)
DEYVIA_ASHYA_180563201009_Ilmu Administrasi Negara-Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Model pelayanan M-Government yang berbasis Teknologi Informasi penerapan e-government dengan menggunakan perangkat Mobile. Salah satu institusi yang menerapkan pelayanan dengan model m-government dalam pelayanan berupa aplikasi yaitu Kepolisian Resor (Polres) Karimun. Model m-government dalam pelayanan yang dilakukan yaitu model pelayanan berbasis android melalui aplikasi bernama “SIPOKA” (Aplikasi Polisi Karimun) yang dapat diunduh di Play store di smarthphone. Namun, dalam penerapannya menunjukkan masih ada kendala yang dihadapi yaitu masalah kesiapan masyarakat yang belum memumpuni dalam penggunaan Teknologi Informasi dan terbatasnya akses internet di beberapa daerah tertentu di Kabupaten Karimun. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan model m-government dalam pelayanan melalui Aplikasi Polisi Karimun di Polres Karimun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan informan sebanyak 8 orang serta menggunakan teknik dan alat pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini dapat dilihat dari indikator dalam penelitian ini yaitu Information models (Model Informasi) yaitu informasi belum sepenuhnya terlaksana secara merata karena informasi hanya diberikan melalui media social dan sosialisasi lapangan belum terlaksana. Communication models (Model Komunikasi), yaitu belum sepenuhnya terlaksana kepada masyarakat yang Gaptek. Transaction models (Model Transaksi), yaitu dalam Aplikasi Polisi Karimun tidak terlaksana karena didalam Aplikasi Polisi Karimun tidak menyediakan tempat transaksi secara online. M-democracy and participation (Model Demokrasi dan Partisipasi) yaitu dalam penelitian ini menunjukkan bahwa bagian Partisipasi dalam Aplikasi Polisi Karimun sudah terlaksana dikarenakan Aplikasi Polisi Karimun sudah melakukan kerjasama dengan beberapa Instansi terkait. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Model M-Government Dalam Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Polisi Karimun Di Polres Kabupaten Karimun belum terlaksana sepenuhnya karena meskipun Aplikasi ini sudah ada tetapi masyarakat tetap harus datang lagi ke Polres Karimun untuk menyelesaikan tahap akhir dari pelayanan. Direkomendasikan kepada Polres Karimun untuk membuat SOP Aplikasi Polisi Karimun, serta memberikan sosialisasi secara merata diseluruh wilayah Kabupaten Karimun Kata Kunci: Model M-Government, Pelayanan Publik, Aplikasi Polisi Karimun
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:51 | |||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:51 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2967 |
Actions (login required)
View Item |