DARSIH, RANTI FITRI and Silitonga, Friska Septiani and Pardi, Hilfi (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI HIDROKARBON. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
RANTI FITRI DARSIH._180384204006_PENDIDIKAN KIMIA_COVER.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
RANTI FITRI DARSIH._180384204006_PENDIDIKAN KIMIA_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (376kB) |
|
Text (BAB I)
RANTI FITRI DARSIH._180384204006_PENDIDIKAN KIMIA_BAB I.pdf - Published Version Download (404kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
RANTI FITRI DARSIH._180384204006_PENDIDIKAN KIMIA_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (398kB) |
|
Text (FULL TEXT)
RANTI FITRI DARSIH._180384204006_PENDIDIKAN KIMIA_FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Ranti Fitri Darsih, 2022. Pengembangan E-modul Berbasis Mind Mapping Pada Materi Hidrokarbon. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinag. Pembimbing Skripsi Friska Septiani Silitonga, S.Pd., M.Sc dan Hilfi Pardi, S.Si., M.Si. Kata kunci: Hidrokarbon, Mind Mapping, Modul Elektronik Modul elektronik adalah sebuah bentuk penyajian bahan belajar mandiri yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang disajikan ke dalam format elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan e-modul berbasis mind mapping pada materi hidrokarbon; (2) menegtahui validitas e-modul berbasis mind mapping pada materi hidrokarbon; (3) mengetahui tingkat praktikalitas e-modul berbasis mind mapping pada materi hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model penelitian Hannafin dan Peck yang terdiri dari tahap penilaian kebutuhan, tahap desain serta tahap pengembangan dan implementasi. Sumber data dari penelitian ini berasal dari dua orang dosen, seorang pendidik dan 30 peserta didik SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Hasil validasi media dan materi pada e-modul berbasis mind mapping pada materi hidrokarbon adalah 66,52% dan 77,77% dengan kriteria valid. Hasil praktikalitas pendidik dan peserta didik diperoleh 97,22% dan 89,44% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis mind mapping pada maetri hidrokarbon layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2022 07:26 | |||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2022 07:26 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3747 |
Actions (login required)
View Item |