YOLANDA DYASTARI, DELVI and Yulita, Inelda and Pardi, Hilfi (2022) PENGEMBANGAN ELEKTRONIK MODUL STOIKIOMETRI (EMTRI) BERBASIS BOOK CREATOR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Delvi Yolanda Dyastari_180384204023_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (908kB) |
|
Text (Abstrak)
Delvi Yolanda Dyastari_180384204023_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (207kB) |
|
Text (BAB I)
Delvi Yolanda Dyastari_180384204023_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version Download (328kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Delvi Yolanda Dyastari_180384204023_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (436kB) |
|
Text (Full Teks)
DELVI YOLANDA DYASTARI_180384204023_Pendidikan Kimia_ Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang dihadapi selama proses pembelajaran di kelas X IPA SMA Negeri 4 Tanjungpinang adalah bahan ajar yang kurang efektif, kurang menarik, sulit memahami materi pembelajaran, dan hasil belajar yang kurang maksimal pada materi stoikiometri. Pengembangan bahan ajar berupa modul elektronik berbasis Book Creator pada materi stoikiometri merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan guna meningkatkan minat belajar dan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan elektronik modul stoikiometri berbasis Book Creator, mengetahui validitas, dan praktikalitas elektronik modul stoikiometri berbasis Book Creator. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D), dengan model ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluation (penilaian). Pada tahap evaluasi tidak mencapai proses evaluasi sumatif, hanya mencapai evaluasi formatif guna menyempurnakan produk yang dikembangkan. Sumber data pada penelitian ini berasal dari dua orang dosen, dua orang pendidik, dan 25 peserta didik SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase 92,81% dengan kriteria sangat valid dan hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 95,83% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas pendidik memperoleh persentase 90,24% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas peserta didik memperoleh persentase 88,24% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa elektronik modul stoikiometri berbasis Book Creator valid, praktis, dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2022 06:22 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2022 06:22 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4112 |
Actions (login required)
View Item |