SILVANI, DWI and Solina, Emmy and Syafitri, Rahma (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TANJUNGPINANG TIMUR. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
DWI_SILVANI_180569201043_Sosiologi - Cover.pdf.pdf Download (659kB) |
|
Text (Abstrak)
DWI_SILVANI_180569201043_Sosiologi - Abstrak.pdf.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB I)
DWI_SILVANI_180569201043_Sosiologi - BAB 1.pdf.pdf Download (527kB) |
|
Text (Daftar PustakaF)
DWI_SILVANI_180569201043_Sosiologi - Daftar Pustaka.pdf.pdf Download (348kB) |
|
Text (Full Teks)
DWI_SILVANI_180569201043_Sosiologi - Full Teks.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peran orang tua dalam membentuk rasa percaya diri pada anak Tunagrahita. Anak Tunagrahita kurang memiliki rasa percaya diri untuk diluar karena komunikasi mereka yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam membentuk rasa percaya diri pada anak Tunagrahita. Peneliti menggunakan jenis penelitian metode kualitatif, dengan teknik penentuan infroman yaitu teknik Purposive Sampling. Peneliti mengambil sebanyak 11 orang informan yang dianggap dapat menjawab dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta dalam penelitian ini menggunakan Teori Struktural Fungsional dari Robert K. Merton. Peneliti menggunakan teknik analisis data untuk dilapangan Model Miles dan Husberman yaitu reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian dan temuan ini disimpulkan bahwa ditemukannya bentuk tindakan dan peran orang tua dalam membentuk rasa percaya diri pada anak dapat dilakukan seperti mengajak serta mendampingi anak untuk berada dilingkungan tempat bermain dengan tujuan untuk melatih keberanian anak serta menumbuhkan rasa percaya diri, selalu memberikan pujian hasil pekerjaan anak dapat membuat anak semakin bahagia dan bersemangat, memberikan kasih sayang serta menunjukkan agar anak lebih merasa dihargai dan diakui, memberikan dukungan serta dorongan yang optimis kepada anak bahwasannya orang tua yakin dan percaya kepada anak tersebut. Sehingga disini dapat menunjukkan bahwa dari peran orang tua untuk anak khususnya anak disabilitas sangat diperlukan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 361.1 Social Problems/Permasalahan Sosial, Masalah Sosial 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362.3 Services of Mental Retardation/Layanan yang Berhubungan dengan Keterbelakangan Mental 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362.7 Problems and Services to Young People/Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi | |||||||||
Depositing User: | user sosiologi | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2023 03:03 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2023 03:03 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4299 |
Actions (login required)
View Item |