LOIS MANURUNG, JULIAN and Febrian, Febrian and Astuti, Puji (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA ALAT TANGKAP IKAN BERUPA BUBU PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
JULIAN_LOIS_MANURUNG_180384202063_Pendidikan_Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (771kB) |
|
Text (Absrak)
JULIAN_LOIS_MANURUNG_180384202063_Pendidikan_Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (205kB) |
|
Text (BAB 1)
JULIAN_LOIS_MANURUNG_180384202063_Pendidikan_Matematika_BAB_I.pdf - Published Version Download (343kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
JULIAN_LOIS_MANURUNG_180384202063_Pendidikan_Matematika_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version Download (427kB) |
|
Text (Full Text)
JULIAN_LOIS_MANURUNG_180384202063_Pendidikan_Matematika_Full_Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Namun sesuai dengan kebutuhan peneliti pada penelitian ini, peneliti hanya melakukan tiga tahapan saja yaitu, analisis, desain, dan pengembangan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan mendeskripsikan E-LKPD Berbasis Etnomatematika Alat Tangkap Ikan Berupa Bubu pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP yang valid dan praktis bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli dan lembar angket respon peserta didik serta pendidik. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kemudian data diubah menjadi data kuantitatif berskala interval dengan menggunakan MSR. Dari validasi ahli materi memperoleh penilaian sebesar 80,36% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli media memperoleh penilaian sebesar 82,51% dengan kriteria sangat valid dan untuk validasi ahli bahasa memperoleh penilaian sebesar 82,57% dengan kriteria sangat valid. Untuk angket praktikalitas respon pendidik memperoleh penilaian sebesar 81,09% dengan kriteria sangat praktis dan angket praktikalitas respon peserta didik memperoleh penilaian sebesar 84,33% dengan kriteria sangat praktis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2023 05:25 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2023 05:25 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4326 |
Actions (login required)
View Item |