Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PMRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG

ERNAWATI, ELLY and Rahmatina, Desi and Susanti, Susanti (2023) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PMRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Elly Ernawati_19038420206_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version

Download (737kB)
[img] Text (Abstrak)
Elly Ernawati_19038420206_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB I)
Elly Ernawati_19038420206_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Elly Ernawati_19038420206_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (Full Teks)
Elly Ernawati_19038420206_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh pendekatan pembelajaran PMRI terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu 40 peserta didik kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen. Sedangkan kelas 39 peserta didik kelas VIII-8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, angket motivasi dan lembar tes. Uji statistik kemampuan awal peserta didik melalui Uji Mann Whitney. Hipotesis penelitian diuji pada taraf signifikansi 5%, menggunakan Uji GLM Manova. Kemudian dilanjutkan dengan melihat besar pengaruhnya (effect size) melalui output partial eta squared. Hasil analisis statistik data pretest menunjukkan data tidak berdistribusi normal maka dilanjutkan melalui uji Mann Whitney. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa kemampuan awal peserta didik pada materi peluang sama. Uji normalitas pada motivasi dan hasil belajar menunjukkan data berdistribusi normal sehingga digunakan pengujian hipotesis uji Manova. Hasil analisis uji Manova menunjukkan nilai sig. 0,004 bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran PMRI terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP dengan besarnya pengaruh pendekatan yaitu 0,156 masuk kategori besar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDRahmatina, DesiNIP.197612052021212002
UNSPECIFIEDSusanti, SusantiNIP.199202092019032020
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:39
Last Modified: 09 Aug 2023 02:39
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5705

Actions (login required)

View Item View Item