ERNAWATI, ELLY and Rahmatina, Desi and Susanti, Susanti (2023) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PMRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Elly Ernawati_19038420206_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (737kB) |
|
Text (Abstrak)
Elly Ernawati_19038420206_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (152kB) |
|
Text (BAB I)
Elly Ernawati_19038420206_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Elly Ernawati_19038420206_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (254kB) |
|
Text (Full Teks)
Elly Ernawati_19038420206_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh pendekatan pembelajaran PMRI terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu 40 peserta didik kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen. Sedangkan kelas 39 peserta didik kelas VIII-8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, angket motivasi dan lembar tes. Uji statistik kemampuan awal peserta didik melalui Uji Mann Whitney. Hipotesis penelitian diuji pada taraf signifikansi 5%, menggunakan Uji GLM Manova. Kemudian dilanjutkan dengan melihat besar pengaruhnya (effect size) melalui output partial eta squared. Hasil analisis statistik data pretest menunjukkan data tidak berdistribusi normal maka dilanjutkan melalui uji Mann Whitney. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa kemampuan awal peserta didik pada materi peluang sama. Uji normalitas pada motivasi dan hasil belajar menunjukkan data berdistribusi normal sehingga digunakan pengujian hipotesis uji Manova. Hasil analisis uji Manova menunjukkan nilai sig. 0,004 bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran PMRI terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP dengan besarnya pengaruh pendekatan yaitu 0,156 masuk kategori besar.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:39 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:39 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5705 |
Actions (login required)
View Item |