Dwimawarni, Nuratikah and Leo Shanty, Isnaini and Elfitra, Legi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GRIYA ILMU DALAM PEMBELAJARAN TEKS FABEL SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
NURATIKAH DWIMAWARNI_190388201014_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- Cover.pdf - Published Version Download (413kB) |
|
Text (Abstrak)
NURATIKAH DWIMAWARNI_190388201014_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- Abstrak.pdf - Published Version Download (49kB) |
|
Text (BAB I)
NURATIKAH DWIMAWARNI_190388201014_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- BAB I.pdf - Published Version Download (125kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
NURATIKAH DWIMAWARNI_190388201014_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (109kB) |
|
Text (Full Teks)
NURATIKAH DWIMAWARNI_190388201014_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran griya ilmu dalam pembelajaran teks fable siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bintan tahun pelajaran 2022/2023, dengan mengukur uji validasi dan uji kepraktisan dari media yang telah dikembangkan. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D (Four-D), yang dimulai dari tahap define (pendefenisian), desaign (desain), dan development (pengembangan). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran yang berbentuk rumah dan mengutamakan pada aspek visual. Media pembelajaran griya ilmu dilakukan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media. Selain itu, dilakukan juga uji kepraktisan kelompok kecil yang berjumlah lima siswa, dan uji kperaktisan kelompok besar yang berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu lembar angket validasi materi oleh ahli materi, lembar angket validasi media oleh ahli media, dan lembar angket untuk mengukur kepraktisan media pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif untuk menjabarkan kritik dan saran yang diberikan oleh ahli dan siswa. Selain itu, deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian uji validasi dan uji kepraktisan. Hasil penelitian ini, berdasarkan uji validasi media oleh ahli materi yaitu 96%, dengan kualifikasi penilaian sangat valid. Berdasarkan uji validasi media oleh ahli media yaitu 93%, dengan kualifikasi penilaian sangat valid. Berdasarkan uji kepraktisan kelompok kecil yaitu 97,20%, dengan kualifikasi penilaian sangat praktis, dan uji kepraktisan kelompok besar yaitu 95,29%, dengan kualifikasi penilaian sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji kepraktisan, media griya ilmu sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pengembangan media pembelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:27 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:27 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5738 |
Actions (login required)
View Item |