Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA KELAS VII

HALIZA, NUR and Eka Kusuma Hindrasti, Nur and Nevrita, Nevrita (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA KELAS VII. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Nur Haliza_190384205030_Pendidikan Biologi_Cover.pdf - Published Version

Download (610kB)
[img] Text (Abstrak)
Nur Haliza_190384205030_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf - Published Version

Download (605kB)
[img] Text (BAB I)
Nur Haliza_190384205030_Pendidikan Biologi_BAB I.pdf - Published Version

Download (750kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Nur Haliza_190384205030_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (571kB)
[img] Text (Full Teks)
Nur Haliza_190384205030_Pendidikan Biologi_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Project-Based Learning pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model penelitian menggunakan model ADDIE. Prosedur penelitian yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B yang berjumlah 37 orang di SMPN 17 Bintan. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh validator materi diperoleh hasil sebesar 84,88% dengan kategori “sangat valid” sedangkan hasil validator media diperoleh hasil sebesar 89,82% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji praktikalitas oleh guru IPA diperoleh hasil sebesar 96,66% dengan kategori “sangat praktis” dan hasil praktikalitas oleh peserta didik diperoleh hasil sebesar 97,43% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil penilaian efektivitas dilakukan dengan menggunakan rubrik penilaian produk diperoleh hasil sebesar 87,03% dengan interprestasi kategori “sangat tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis Project-Based learning pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan efektif dengan kategori tinggi untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci: Lembar kerja peserta didik, Project-Based Learning, Ekologi, dan Keankekaragaman Hayati Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDEka Kusuma Hindrasti, NurNIP.198905232014042001
UNSPECIFIEDNevrita, NevritaNIP.196911261993032007
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: user biologi
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:10
Last Modified: 09 Aug 2023 03:10
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5742

Actions (login required)

View Item View Item