DWI LESTARI, ERIKA and Elfitra, Legi and Leo Shanty, Isnaini (2023) KEMAHIRAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
ERIKA_DWI_LESTARI_170388201059_PBSI_COVER.pdf - Published Version Download (326kB) |
|
Text (Abstrak)
ERIKA_DWI_LESTARI_170388201059_PBSI_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (91kB) |
|
Text (Bab 1)
ERIKA_DWI_LESTARI_170388201059_PBSI_BAB I.pdf - Published Version Download (118kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
ERIKA_DWI_LESTARI_170388201059_PBSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (91kB) |
|
Text (Full Teks)
ERIKA_DWI_LESTARI_170388201059_PBSI_FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kemahiran membaca pemahaman menjadi faktor penting dalam meningkatkan penerimaan ilmu pengetahuan dan informasi. Dibutuhkan suatu kesanggupan bagi siswa untuk menafsirkan, memahami, serta mengidentifikasi isi yang terdapat dalam teks bacaan. Namun, sayangnya dalam hasil PISA tes yang dirilis oleh OECD menunjukkan bahwa Indonesia masih berada di bawah rata-rata negara ASEAN lainnya khususnya dalam bidang membaca dengan selisih 42 poin. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi dan meninjau kemahiran membaca pemahaman siswa kelas X tahun pelajaran 2022/2023 dan Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang dijadikan sebagai sampel. Penentuan subjek ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Uji coba ini terdiri dari 40 siswa kelas X yang dikelompokkan berdasarkan dua kelas yaitu X MIPA 5 dan X MIPA 6. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes soal, kemudian data dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil dari tes soal yang telah diisi oleh siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang menunjukkan hasil yang baik. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata yang didapat adalah 70.4 yang berarti tergolong pada klasifikasi “baik”. Dalam penelitian ini dengan demikian hasil penelitian ini dapat dijadikan suatu pelajaran dan kemahiran mmbaca pemahaman siswa semakin ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 020 - 029 Library and Information Science (Perpustakaan dan Ilmu Informasi) > 028 Use of Other Information Media/Membaca 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 400. Bahasa > 418.4 Reading/Membaca |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 08:52 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 08:52 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5822 |
Actions (login required)
View Item |