AMBARINI, TASYA and Izzati, Nur and Siregar, Nur Asma Riani (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Tasya Ambarini_2003020037_Pendidikan Matematika_Cover.pdf.pdf - Published Version Download (425kB) |
|
Text (Abstrak)
Tasya Ambarini_2003020037_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf.pdf - Published Version Download (186kB) |
|
Text (BAB I)
Tasya Ambarini_2003020037_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf.pdf - Published Version Download (220kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Tasya Ambarini_2003020037_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text (Full Teks)
Tasya Ambarini_2003020037_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (908kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
Tasya Ambarini_2003020037_Pendidikan Matematika_Lampiran.pdf.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terdiferensiasi dengan model problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMA Negeri 6 Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasy experimental dan desain non-equivalent control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Tanjungpinang yang berjumlah 90 orang. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.1 dan X.2 yang dipilih melalui teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, dan observasi. Instrumen yang digunakan terdiri atas instrumen utama berupa angket gaya belajar siswa, instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan lembar observasi, serta instrumen pendukung berupa modul ajar dan lembar kerja siswa. Data yang dianalisis berupa data kualitatif yang menjelaskan mengenai kegiatan pembelajaran, serta data kuantitatif yang menjelaskan mengenai data kemampuan awal dan akhir pemahaman konsep matematis siswa melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kemampuan akhir pemahaman konsep matematis siswa sebesar 63,45 lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa sebesar 23,00. Pada independent sample t-test, nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,04. Karena uji yang dilakukan adalah uji satu pihak (uji pihak kanan), maka nilai sig. =1/2× 0,04 = 0,02 dan diketahui 0,02 < 0,05, sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil kemampuan akhir pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran terdiferensiasi dengan model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 03:37 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 03:37 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7433 |
Actions (login required)
View Item |