Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE BERBANTUAN METODE GAMES BASED LEARNING TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMAN 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

ARIYANI, SILVIA and Leo Shanty, Isnaini and Andheska, Harry (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE BERBANTUAN METODE GAMES BASED LEARNING TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMAN 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
SILVIA ARIYANI_2003010002_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Cover.pdf - Published Version

Download (755kB)
[img] Text (Abstrak)
SILVIA_ARIYANI_2003010002_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Abstrak.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text (BAB I)
SILVIA ARIYANI_2003010002_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_BAB I.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (daftar Pustaka)
SILVIA ARIYANI_2003010002_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Full Teks)
SILVIA ARIYANI_2003010002_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
SILVIA ARIYANI_2003010002_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (890kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe think talk write berbantuan metode game based learning terhadap kemahiran menulis teks anekdot siswa kelas X SMAN 4 Tanjungpinang tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Tanjungpinang tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil pretest dan posttest kemahiran menulis teks anekdot. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berbantuan metode game based learning terhadap kemahiran menulis teks anekdot siswa kelas X. hal ini didasarkan pada hasil uji nonparametrik Mann Whitney dengan nilai Z sebesar -2.225 dengan taraf signifikansi 5% sehingga menunjukan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,026 dan dapat didapatkan hasil p-value 0,026 < 0,05 yang artinya H_a diterima dan H_o ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran think talk write berbantuan metode game based learning dengan kemahiran menulis teks anekdot siswa kelas X.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDLeo Shanty, IsnainiNIP.196207261986012001
UNSPECIFIEDAndheska, HarryNIP.198704032014041001
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa1
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:55
Last Modified: 26 Jul 2024 06:55
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7484

Actions (login required)

View Item View Item