ANDRIANTO, MUHAMMAD and Arieta, Siti and Samnuzulsari, Tri (2024) IDENTIFIKASI ENABLING CONSTRAINING DALAM AKSES PEREKOMOMIAN PEREMPUAN (STUDI: PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM UMKM DI KELURAHAN BATU IX KECAMATAN TANJUNGPINANG TIMUR). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
Muhammad Andrianto_2005030033_Sosiologi_Cover.pdf - Published Version Download (758kB) |
|
Text (ABSTRAK)
Muhammad Andrianto_2005030033_Sosiologi_Abstrak.pdf - Published Version Download (167kB) |
|
Text (BAB 1)
Muhammad Andrianto_2005030033_Sosiologi_BAB 1.pdf - Published Version Download (253kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Muhammad Andrianto_2005030033_Sosiologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (294kB) |
|
Text (FULL TEXT)
Muhammad Andrianto_2005030033_Sosiologi_Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Partisipasi perempuan dalam usaha mikro, kecil dan menengah UMKM memainkan peran penting dalam penggembangkan ekonomi lokal. Perempuan memiliki potensi untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan produktif yang dapat menguntungkan dan membantu meningkatkan ekonomi keluarga dan memiliki kemampuan untuk berkembang pada bidang lain. Partisipasi aktif perempuan dalam UMKM tidak hanya berdampak positif pada ekonomi rumah tangga mereka, tetapi juga berkontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal dan nasional. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana struktur pendukung (enabling) dan struktur penghambat (constraint) struktur dapat di jelaskan pada partisipasi perempuan dalam UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan informan sebanyak 8 orang serta menggunakan teknik dan alat penggumpulan data berupa wawancara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori strukturasi oleh Anthony Giddens. Hasil penelitian ditemukan para pelaku usaha UMKM perempuan terdapat beberapa faktor enabling seperti peningkatan akses terhadap sumber daya dalam menggembangkan UMKM perempuan,kemampuan dalam melihat trend pasar seperti adaptasi dengan trend pasar sedangkan faktor constraint seperti kurangnya modal usaha,permasalahan dalam membagi waktu,kurangnya rasa percaya diri dan kurangnya akses dalam pemasaran produk. Meskipun ada beberapa hal yang mengahambat usaha mereka untuk sulit berkembang tetapi mereka tetap bisa mengatasi hal tersebut sehingga mereka masih bisa menggembangkan usaha mereka menjadi lebih maju lagi.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362.83 Problems and Services to Women/Permasalahan dan Layanan kepada Wanita dan Perempuan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi | |||||||||
Depositing User: | user sosiologi | |||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2024 09:00 | |||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2024 09:00 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8262 |
Actions (login required)
View Item |