Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS KEMAMPUAN BERTANYA SISWA PADA MATERI ANIMALIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS X MIPA SMAN 1 BINTAN TIMUR

PASARIBU, MARTINA BR and Fernando, Adam and Hindrasti, Nur Eka Kusuma (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERTANYA SISWA PADA MATERI ANIMALIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS X MIPA SMAN 1 BINTAN TIMUR. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
MARTINA BR PASARIBU_ 180384205031_Biologi_Cover.pdf - Published Version

Download (613kB)
[img] Text (Abstrak)
MARTINA BR PASARIBU_ 180384205031_Biologi_Abstrak.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (BAB I)
MARTINA BR PASARIBU_ 180384205031_Biologi_BAB I.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
MARTINA BR PASARIBU_ 180384205031_Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (Full Teks)
MARTINA BR PASARIBU_ 180384205031_Biologi_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuantitas dan kategori kemampuan bertanya siswa berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada konsep Animalia. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Bintan Timur pada kelas X MIPA 1 semester genap tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi pertanyaan siswa, lembar observasi kemampuan bertanya siswa secara lisan dan instrumen pendukung yaitu lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning dapat merangsang siswa untuk bertanya dengan persentase kuantitas siswa yang bertanya secara lisan 40,54% dan tertulis 86,49%. Kemampuan bertanya siswa masih tergolong rendah yaitu pertanyaan secara lisan didominasi kategori kognitif C2 (memahami) sebesar 80% dan tertulis kategori kognitif C1 (mengingat) sebesar 46,80%. Pertanyaan terkait dimensi pengetahuan secara keseluruhan didominasi oleh pertanyaan bersifat faktual sebesar 51,10%. Kemampuan siswa bertanya secara lisan dari empat indikator yaitu kategori sangat baik dengan persentase sebesar 85%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDFernando, AdamNIP.199109052019031007
UNSPECIFIEDHindrasti, Nur Eka KusumaNIP.198905232014042001
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: user biologi
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:57
Last Modified: 16 Aug 2022 04:57
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4158

Actions (login required)

View Item View Item