PASARIBU, MARTINA BR and Fernando, Adam and Hindrasti, Nur Eka Kusuma (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERTANYA SISWA PADA MATERI ANIMALIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS X MIPA SMAN 1 BINTAN TIMUR. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
MARTINA BR PASARIBU_ 180384205031_Biologi_Cover.pdf - Published Version Download (613kB) |
|
Text (Abstrak)
MARTINA BR PASARIBU_ 180384205031_Biologi_Abstrak.pdf - Published Version Download (269kB) |
|
Text (BAB I)
MARTINA BR PASARIBU_ 180384205031_Biologi_BAB I.pdf - Published Version Download (212kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
MARTINA BR PASARIBU_ 180384205031_Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (336kB) |
|
Text (Full Teks)
MARTINA BR PASARIBU_ 180384205031_Biologi_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuantitas dan kategori kemampuan bertanya siswa berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada konsep Animalia. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Bintan Timur pada kelas X MIPA 1 semester genap tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi pertanyaan siswa, lembar observasi kemampuan bertanya siswa secara lisan dan instrumen pendukung yaitu lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning dapat merangsang siswa untuk bertanya dengan persentase kuantitas siswa yang bertanya secara lisan 40,54% dan tertulis 86,49%. Kemampuan bertanya siswa masih tergolong rendah yaitu pertanyaan secara lisan didominasi kategori kognitif C2 (memahami) sebesar 80% dan tertulis kategori kognitif C1 (mengingat) sebesar 46,80%. Pertanyaan terkait dimensi pengetahuan secara keseluruhan didominasi oleh pertanyaan bersifat faktual sebesar 51,10%. Kemampuan siswa bertanya secara lisan dari empat indikator yaitu kategori sangat baik dengan persentase sebesar 85%.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 04:57 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 04:57 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4158 |
Actions (login required)
View Item |