PUTRI, ANNISA and Leo Shanty, Isnaini and Elfitra, Legi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA CERPEN PADA PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 36 BATAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
ANNISA PUTRI_190388201026_PBSI_COVER.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ANNISA PUTRI_190388201026_PBSI_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (109kB) |
|
Text (BAB 1)
ANNISA PUTRI_190388201026_PBSI_BAB 1.pdf - Published Version Download (235kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
ANNISA PUTRI_190388201026_PBSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (318kB) |
|
Text (FULL TEKS)
ANNISA PUTRI_190388201026_PBSI_FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Putri, Annisa. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Cerpen pada Pembelajaran Teks Cerita Pendek Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 36 Batam Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing: Dra. Isnaini Leo Shanty, M. Pd., dan Legi Elfitra, S. Pd., M. Pd. Pemanfaatan penggunaan media pembelajaran dapat membantu guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran dan menghidupkan suasana belajar di dalam kelas, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran ular tangga cerpen pada pembelajaran teks cerita pendek siswa kelas IX SMP Negeri 36 Batam Tahun Ajaran 2022/2023 dengan melakukan uji validitas dan praktikalitas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model 4-D dengan tahapan Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), dan Pengembangan (Development). Pengumpulan data di SMP Negeri 36 Batam terhadap 33 peserta didik yang terbagi atas skala kecil 5 siswa dan skala besar 28 siswa. Hasil penelitian: 1) dihasilkan media pembelajaran ular tangga cerpen yang dibuat dengan bentuk kotak, di dalamnya dilengkap komponen permainan ular tangga. 2) media pembelajaran ular tangga cerpen pada pembelajaran teks cerita pendek memenuhi kriteria sangat valid dengan hasil uji ahli media diperoleh persentase sebesar 91% dan hasil uji ahli materi diperoleh persentase sebesar 89%, sehingga media pembelajaran ular tangga cerpen sangat layak untuk dilakukan uji coba terhadap siswa. 3) praktikalitas media pembelajaran ular tangga cerpen pada pembelajaran teks ceita pendek oleh siswa skala kecil dipeoleh persentase sebesar 93,6% dengan kriteria sangat praktis dan siswa skala besar diperoleh persentase sebesar 90,9% dengan kriteria sangat praktis. Kata kunci: Media, Pembelajaran, Ular Tangga, Teks Cerita Pendek.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2023 14:05 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2023 14:05 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4222 |
Actions (login required)
View Item |