DAFITTRA, FERNANDA and Andheska, Harry and Elfitra, Legi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK MISTERI TANGGAPAN PADA MATERI TEKS TANGGAPAN KRITIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 36 KOTA BATAM. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
FERNANDA DAFITTRA_190388201016_PBSI_COVER.pdf - Published Version Download (626kB) |
|
Text (ABSTRAK)
FERNANDA DAFITTRA_190388201016_PBSI_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (306kB) |
|
Text (BAB 1)
FERNANDA DAFITTRA_190388201016_PBSI_BAB 1.pdf - Published Version Download (337kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FERNANDA DAFITTRA_190388201016_PBSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (314kB) |
|
Text (FULL TEKS)
FERNANDA DAFITTRA_190388201016_PBSI_FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kotak misteri tanggapan dalam materi teks tanggapan kritis siswa kelas IX SMP Negeri 36 Batam dengan mengukur tingkat validitas dan praktikalitas dari media yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4D yang dimulai dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), hingga tahap pengembangan (develop). Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media visual kreatif berupa kotak yang terdiri atas tiga bagian yaitu, soal, penghargaan, dan sanksi. Kotak misteri tanggapan dilakukan validasi media oleh dua ahli yaitu, ahli media dan ahlimateri. Jumlah siswa kelompok uji coba praktikalitas media yaitu, 5 siswa untuk kelompok kecil dan 30 siswa untuk kelompok besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket validitas media, dan angket praktikalitas media. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, deskriptif kualitatif untuk menganalisis komentar, saran, dan masukan terhadap media serta deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian validitas dan praktikalitas media. Hasil penelitian ini adalah produk media kotak misteri tanggapan dengan persentase validasi dari ahli media mencapai 80% dengan kualifikasi “valid” dan validasi ahli materi mencapai 75,5% dengan kualifikasi “valid”. Setelah itu, dilakukan uji coba praktikalitas media kepada siswa di SMP Negeri 36 Kota Batam dengan persentase mencapai 76,8% dengan kualifikasi “praktis” untuk kelompok kecil dan 81,06% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk kelompok besar. Penelitian ini dapat dijadikan acuan penelitian lanjutan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari kotak misteri tanggapan dan juga dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan media visual kreatif lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2023 06:38 | |||||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 07:53 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4230 |
Actions (login required)
View Item |