Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN WEBSITE WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

DINI, RAHMA and Izzati, Nur and Susanti, Susanti (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN WEBSITE WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
RAHMA DINI_190384202025_Pendidikan Matematika_Cover .pdf - Published Version

Download (606kB)
[img] Text (Abstrak)
RAHMA DINI_190384202025_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version

Download (572kB)
[img] Text (Bab 1)
RAHMA DINI_190384202025_Pendidikan Matematika_BAB 1.pdf - Published Version

Download (905kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
RAHMA DINI_190384202025_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (655kB)
[img] Text (lampiran)
RAHMA DINI_190384202025_Pendidikan Matematika_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Full Teks)
RAHMA_DINI_190384202025_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan website wordwall lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan design Non-Equivalen Control Group Design. Populasi pada sampel ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Lingga yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas VIII-1 sampai VIII-4. Sampel diambil melalui teknik Cluster Sampling dengan cara mengundi empat kelas sehingga didapatkan dua kelas sampel, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar matematika peserta didik. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar matematika peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,74%, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,67%. Pada uji Independent T-Test, nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,036. Karena uji yang dilakukan adalah uji satu pihak (uji pihak kanan), maka P-value = 1/2 x0,036=0,018 dan diketahui 0 < 0,05 sehingga H0 ditolak dengan demikian Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika peserta didik lebih efektif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan website wordwall dibandingkan peserta didik yang belajar dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDIzzati, NurNIP. 19700325 199802 2 002
UNSPECIFIEDSusanti, SusantiNIP. 19920209 201903 2 020
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:34
Last Modified: 24 Jan 2024 03:34
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6659

Actions (login required)

View Item View Item