DINI, RAHMA and Izzati, Nur and Susanti, Susanti (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN WEBSITE WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
RAHMA DINI_190384202025_Pendidikan Matematika_Cover .pdf - Published Version Download (606kB) |
|
Text (Abstrak)
RAHMA DINI_190384202025_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (572kB) |
|
Text (Bab 1)
RAHMA DINI_190384202025_Pendidikan Matematika_BAB 1.pdf - Published Version Download (905kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
RAHMA DINI_190384202025_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (655kB) |
|
Text (lampiran)
RAHMA DINI_190384202025_Pendidikan Matematika_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Full Teks)
RAHMA_DINI_190384202025_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan website wordwall lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan design Non-Equivalen Control Group Design. Populasi pada sampel ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Lingga yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas VIII-1 sampai VIII-4. Sampel diambil melalui teknik Cluster Sampling dengan cara mengundi empat kelas sehingga didapatkan dua kelas sampel, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar matematika peserta didik. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar matematika peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,74%, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,67%. Pada uji Independent T-Test, nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,036. Karena uji yang dilakukan adalah uji satu pihak (uji pihak kanan), maka P-value = 1/2 x0,036=0,018 dan diketahui 0 < 0,05 sehingga H0 ditolak dengan demikian Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika peserta didik lebih efektif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan website wordwall dibandingkan peserta didik yang belajar dengan model konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:34 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2024 03:34 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6659 |
Actions (login required)
View Item |