Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN ASESMEN SUMATIF BAHASA INDONESIA SEMESTER GANJIL DENGAN SITUS WEB TESTER-IZ UNTUK SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Irpan, Muhammad Azwardi and Andheska, Harry and Elfitra, Legi (2024) PENGEMBANGAN ASESMEN SUMATIF BAHASA INDONESIA SEMESTER GANJIL DENGAN SITUS WEB TESTER-IZ UNTUK SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Muhammad_Azwardi_Irpan_2003010038_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Cover.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (Abstrak)
Muhammad_Azwardi_Irpan_2003010038_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Abstrak.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text (Bab I)
Muhammad_Azwardi_Irpan_2003010038_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Bab I.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Muhammad_Azwardi_Irpan_2003010038_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (Full Teks)
Muhammad_Azwardi_Irpan_2003010038_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
Muhammad_Azwardi_Irpan_2003010038_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan asesmen sumatif Bahasa Indonesia materi semester ganjil dengan situs web Tester-IZ untuk kelas VIII di SMP Negeri 1 Tanjungpinang tahun pelajaran 2023/2024. Materi Bahasa Indonesia mencakup teks eskposisi, teks iklan, slogan, dan poster, artikel ilmiah, serta puisi rakyat. Penelitian ini mengukur nilai kevalidan dan kepraktisan. Model penelitian ini menggunakan model 4D dengan hanya membatasi hingga tahap ketiga, yaitu pendefinisian (define), desain (design), dan pengembangan (develop). Pengembangan asesmen sumatif dilakukan dalam empat tahap, yakni (1) memahami aspek dan ruang lingkup yang akan diases, (2) menetapkan ruang lingkup, (3) menyusun kisi-kisi instrumen asesmen, dan (4) mengembangkan butir soal berdasarkan kisi-kisi yang telah dibuat(1) memahami aspek dan ruang lingkup yang akan diases, (2) menetapkan ruang lingkup, (3) menyusun kisi-kisi instrumen asesmen, dan (4) mengembangkan butir soal berdasarkan kisi-kisi yang telah dibuat. Penelitian ini divalidasi oleh ahli asesmen dan ahli materi. Jumlah keseluruhan sampel sebanyak 35 siswa, yang terdiri dari 5 siswa kelompok kecil dan 30 siswa kelompok besar. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, lembar angket validasi ahli asesmen dan ahli materi, serta uji kepraktisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deksriptif kualitatif dan deksriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif berdasarkan lembar angket validasi ahli asesmen dan ahli materi serta lembar angket uji kepraktisan, sedangkan deskriptif kualitatif berdasarkan hasil analisis komentar, masukan berupa saran dan kritik. Hasil validasi asesmen memperoleh nilai 93,3% dengan kriteria sangat valid dan hasil validasi materi memperoleh nilai 93% dengan kriteria sangat valid. Setelah melakukan validasi, dilaksanakan uji kepraktisan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungpinang dengan memperoleh nilai 86,4% dengan kriteria sangat praktis pada kelompok kecil dan nilai 80,6% dengan kriteria praktis pada kelompok besar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDAndheska, HarryNIP.198704032014041001
UNSPECIFIEDElfitra, LegiNIP.198501292015042002
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.01 Public Schools/Sekolah Negeri
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
400. Bahasa > 410. Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa1
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:44
Last Modified: 23 Jul 2024 06:44
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7402

Actions (login required)

View Item View Item