Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUNDTABLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BINTAN TAHUN AJARAN 2023/2024

ADAWIYYAH, WIMA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUNDTABLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BINTAN TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
WIMA_ADAWIYYAH_2003010069_PBSI_COVER.pdf - Published Version

Download (923kB)
[img] Text (Abstrak)
WIMA_ADAWIYYAH_2003010069_PBSI_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (BAB 1)
WIMA_ADAWIYYAH_2003010069_PBSI_BAB I.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
WIMA_ADAWIYYAH_2003010069_PBSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (Full Teks)
WIMA_ADAWIYYAH_2003010069_PBSI_FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran roundtable berbantuan media gambar terhadap kemahiran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bintan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa 90 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah 58 siswa yang terdiri dari 28 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Pretest dan Posttest Control Group. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis teks eksposisi atau essay dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil prestest siswa kelas eksperimen adalah 57,14% dan skor rata-rata hasil pretest siswa kelas kontrol adalah 56,83%. Adapun hasil posttest siswa kelas eksperimen 78,21% yang mengalami peningkatan dan hasil posttest siswa kelas kontrol 57,16% yang tidak mengalami peningkatan. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji hipotesis non parametrik uji Mann Whitney hal ini terbukti dari hasil perhitungan analisis bahwa p-value 0,001 < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran roundtable berbantuan media gambar dan kemahiran menulis siswa kelas VIII pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Bintan tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDANDHESKA, HARRYNIP.198704032014041001
UNSPECIFIEDZAITUN, ZAITUNNIP.197407202021212004
Subjects: 400. Bahasa > 411 Writing Systems/Sistem Tulisan, Penulisan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa1
Date Deposited: 26 Jul 2024 04:14
Last Modified: 26 Jul 2024 04:14
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7617

Actions (login required)

View Item View Item