OKTAVYANI, ENGGY and Andheska, Harry and Lolita, Asri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS CERITA FANTASI SEDERHANA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
ENGGY OKTAVYANI_2003010037_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_COVER.pdf - Published Version Download (601kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ENGGY OKTAVYANI_2003010037_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Abstrak.pdf - Published Version Download (168kB) |
|
Text (BAB I)
ENGGY OKTAVYANI_2003010037_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_BAB I.pdf - Published Version Download (282kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
ENGGY OKTAVYANI_2003010037_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (240kB) |
|
Text (FULL TEKS)
ENGGY OKTAVYANI_2003010037_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran paired story telling terhadap kemahiran menulis cerita fantasi sederhana siswa SMP Negeri 7 Tanjungpinang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan metode yang digunakan adalah kuantitatif. Data pada penelitian ini berupa kemahiran menulis cerita fantasi siswa menggunakan model pembelajaran paired story telling di SMP Negeri 7 Tanjungpinang. Sumber data penelitian adalah kemahiran menulis pretest dan posttest peserta didik yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran paired story telling dan tidak diberi perlakuan. Adapun subjek peserta didik dalam penelitian ini berjumlah 27 orang dan sampel penelitian dua kelompok yaitu eksperimen dan kontrol. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran paired story telling terhadap kemahiran menulis cerita fantasi, yang ditunjukkan dengan uji non parametric menggunakan uji mann whitey dengan taraf Asymp.sig(2-tailed) 0,045<0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemahiran menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tanjungpinang tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 000_umum | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa1 | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:44 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2024 04:44 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7638 |
Actions (login required)
View Item |