PUTRI CAHYADI, DIANA and ELFITRA, LEGI and TESTY ARIANCE LOREN, FABIO (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TERPADU (TEKS PROSEDUR PAPAN DADU) PADA MATERI TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Diana Putri Cahyadi_2003010067_PBSI_Cover.pdf - Published Version Download (473kB) |
|
Text (Abstrak)
Diana Putri Cahyadi_2003010067_PBSI_Abstrak.pdf - Published Version Download (592kB) |
|
Text (BAB 1)
Diana Putri Cahyadi_2003010067_PBSI_BAB 1.pdf - Published Version Download (994kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Diana Putri Cahyadi_2003010067_PBSI_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (883kB) |
|
Text (Full Teks)
Diana Putri Cahyadi_2003010067_PBSI_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
Diana Putri cahyadi_2003010067_PBSI_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu mengembangkan media pembelajaran TERPADU (Teks Prosedur Papan Dadu) pada materi teks prosedur siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan model 4D hingga tahap pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran berbasis visual dengan bahan dasar papan triplek. Media pembelajaran ini telah dinilai oleh dua ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Uji coba media ini dilakukan pada dua kelompok siswa, yaitu 6 siswa untuk kelompok kecil dan 35 siswa untuk kelompok besar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu wawancara, angket validasi media oleh ahli media dan ahli materi, serta angket kepraktisan media oleh siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan dua teknik, yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah produk media TERPADU (Teks Prosedur Papan Dadu) dengan persentase validasi ahli media mendapat rata-rata 100% dengan kualifikasi "sangat valid", validasi materi tahap I 68% dengan kualifikasi “valid, dan validasi materi tahap II mendapat rata-rata 80% dengan kualifikasi "valid". Selain itu, penelitian ini dilakukan uji coba kepada siswa SMA Negeri 4 Tanjungpinang dengan persentase 88% dengan kualifikasi "sangat praktis" pada kelompok kecil dan persentase 85% dengan kualifikasi "sangat praktis" pada kelompok besar. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan penelitian lanjutan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari TERPADU (Teks Prosedur Papan Dadu) dan juga dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan media visual kreatif lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa1 | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 07:21 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2024 07:21 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7678 |
Actions (login required)
View Item |