Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

MUBIANTI, DINITA and Fera, Mirta and Siregar, Nur Asma Riani (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (COVER)
DINITA_MUBIANTI_190384202016_Pendidikan Matematika - Cover.pdf

Download (448kB)
[img] Text (Abstrak)
DINITA_MUBIANTI_190384202016_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (BAB I)
DINITA_MUBIANTI_190384202016_Pendidikan Matematika - BAB I.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DINITA_MUBIANTI_190384202016_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (Full Teks)
DINITA_MUBIANTI_190384202016_Pendidikan Matematika - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar kelas Vlll SMP Negeri 15 Tanjungpinang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 6 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 15 tanjungpinang. Masing-masing dengan kategori kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dengan tes dan wawancara. Dari hasil penelitian tentang kemampuan penalaran matematis siswa menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu memperkirakan proses penyelesaian, menganalisa situasi atau proses matematika, menyusun argumen yang valid, dan menarik kesimpulan yang logis. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis sedang tidak memenuhi indikator pada menarik kesimpulan yang logis, sedangkan pada siswa yang memliki kemampuan penalaran matematis rendah hanya mampu memenuhi indikator memperkirakan proses penyelesaian.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorFera, MirtaNIDN.0009018904
ContributorSiregar, Nur Asma RianiNIP.198712302019032010
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:59
Last Modified: 07 Aug 2023 04:59
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5606

Actions (login required)

View Item View Item