SUSANA, ARIA and Rahmatina, Desi and Fera, Mirta (2023) PENALARAN STATISTIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH UKURAN PEMUSATAN DATA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
ARIA SUSANA_190384202049_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (697kB) |
|
Text (Abstrak)
ARIA SUSANA_190384202049_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (196kB) |
|
Text (BAB I)
ARIA SUSANA_190384202049_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (288kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
ARIA SUSANA_190384202049_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (265kB) |
|
Text (Full Teks)
ARIA SUSANA_190384202049_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penalaran statistis dalam menyelesaikan masalah ukuran pemusatan data berdasarkan gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-9 terdiri dari masing-masing dua siswa dengan gaya kognitif field independent dan field dependent. Teknik Pengumpulan data penelitian ini adalah tes gaya kognitif, tes penalaran statistis, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan proses penalaran statistis: subjek field independent pada proses describing data subjek mengidentifikasi nilai-nilai yang termuat pada sumbu horizontal dan sumbu vertikal pada grafik dan histogram secara keseluruhan serta dengan lengkap dan teliti. Sedangkan subjek field dependent kurang lengkap dalam menyampaikan fitur-fitur pada grafik dan histogram. Pada proses organizing data, subjek field independent mampu mendeskripsikan posisi/letak pusat data dengan menggunakan beberapa cara dan dapat menjelaskan dasar pengelompokkan. Sedangkan subjek field dependent mendeskripsikan posisi/letak pusat data tetapi penjelasan dan penalarannya tidak lengkap. Pada proses representing data, subjek field independent membuat tabel dengan tepat dan teliti berdasarkan grafik. Sedangkan subjek field dependent mampu membuat tabel dengan tepat dan mampu mengatur ulang data tetapi kurang teliti. Pada proses interpreting and analysing data, subjek field independent mampu kesimpulan secara terperinci. Sedangkan subjek field dependent belum menyimpulkan secara keseluruhan atau terperinci.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 07:49 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 07:49 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5692 |
Actions (login required)
View Item |