KRISTINA, PASKAH and Sarkity, Dios and Oprasmani, Elfa (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ARTIKEL POPULER TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA NEGERI 5 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Paskah Kristina-190384205001-Pend.Biologi-Cover..pdf - Published Version Download (633kB) |
|
Text (Abstrak)
Paskah Kristina-190384205001-Pend.Biologi-Abstrak.pdf - Published Version Download (97kB) |
|
Text (BAB 1)
Paskah Kristina-190384205001-Pend.Biologi-BAB 1.pdf - Published Version Download (331kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Paskah Kristina-190384205001-Pend.Biologi-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (165kB) |
|
Text (Full Teks Skripsi)
Paskah Kristina-190384205001-Pend.Biologi-Full Teks Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Full Teks Lampiran Skripsi)
Paskah Kristina-190384205001-Pend.Biologi-Full Teks Skripsi-Lampiran Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Literasi sains menjadi urgensi pendidikan saat ini sebagai salah satu target capaian pembelajaran yang mengedepankan kemampuan memecahkan masalah terkait isu fenomena alam. Salah satu model yang memiliki potensi kemampuan literasi sains adalah Problem-based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Problem-based Learning berbantuan artikel populer terhadap literasi sains siswa pada materi Virus kelas X di SMAN 5 Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperimental). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Probability Sampling yaitu dengan Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan siswa kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (post-test) untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa setelah dilakukan proses pembelajaran menggunakan model Problem-based Learning berbantuan artikel populer. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T yaitu Independent Samples T-Test. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji T (Independent Samples T-Test) diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.00 < 0.05 sehingga menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Problem-based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi Virus kelas X di SMAN 5 Tanjungpinang.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2024 02:31 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2024 02:31 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6753 |
Actions (login required)
View Item |