WATI, IKA AMELIA and Andheska, Hary and Lolita, Asri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SARANA BELAJAR PROSEDUR PADA TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Ika Amelia Wati_190388201106_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Cover.pdf - Published Version Download (912kB) |
|
Text (Abstrak)
Ika Amelia Wati_190388201106_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Abstrak.pdf - Published Version Download (176kB) |
|
Text (BAB I)
Ika Amelia Wati_190388201106_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_BAB I.pdf - Published Version Download (185kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Ika Amelia Wati_190388201106_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (155kB) |
|
Text (Lampiran)
Ika Amelia Wati_190388201106_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Full Text)
Ika Amelia Wati_190388201106_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Aplikasi Sarana Belajar Prosedur pada Materi Teks Prosedur Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang dengan mengukur tingkat validitas dan praktikalitas dari media yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4D yang dimulai dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), hingga tahap pengembangan (develop). Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media interaktif berupa aplikasi yang terdiri materi dan soal ang harus diselesaikan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memahami materi teks prosedur. Aplikasi sarana belajar prosedur dilakukan validasi media oleh dua ahli yaitu, ahli media dan ahli materi. Jumlah siswa kelompok uji coba praktikalitas media yaitu, 5 siswa untuk kelompok kecil dan 40 siswa untuk kelompok besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket validitas media, dan angket praktikalitas media. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, deskriptif kualitatif untuk menganalisis komentar, saran, dan masukan terhadap media serta deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian validitas dan praktikalitas media. Hasil penelitian ini adalah produk media Aplikasi sarana belajar prosedur dengan persentase validasi dari ahli media mencapai 87% dengan kualifikasi “sangat valid” dan validasi ahli materi mencapai 81% dengan kualifikasi “sangat valid”. Setelah itu, dilakukan uji coba praktikalitas media aplikasi sarana belajar prosedur kepada guru memperoleh nilai 91% dengan kualifikasi “sangat praktis”. Uji coba praktikalitas media aplikasi sarana belajar prosedur kepada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang memperoleh nilai 92% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk kelompok kecil dan 88% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk kelompok besar. Penelitian ini dapat dijadikan acuan penelitian lanjutan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari aplikasi sarana belajar prosedur dan juga dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan media interaktif lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 400. Bahasa > 410.72 Research and Statistical Methods of Linguistic/Riset Linguistik, Metode Statistik Linguistik 400. Bahasa > 410. Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia 400. Bahasa > 415 Grammar, Sentences, Syntax, Word Order/Tata Bahasa, Kalimat, Sintaksis, Kata |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2024 07:08 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jan 2024 07:08 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6796 |
Actions (login required)
View Item |