Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN PADA MATERI TERMOKIMIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK KELAS XI SMA

PURNOMO, GALUH and Fitriyah, Dina and Fitriani, Rita (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN PADA MATERI TERMOKIMIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Galuh Purnomo_190384204009_Pendidikan Kimia-Cover.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Abstrak)
Galuh Purnomo_190384204009_Pendidikan Kimia-Abstrak.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (BAB I)
Galuh Purnomo_190384204009_Pendidikan Kimia-BAB I.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Galuh Purnomo_190384204009_Pendidikan Kimia-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (Full Teks)
Galuh Purnomo_190384204009_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Pemahaman peserta didik terhadap materi termokimia cukup rendah, ini dapat dilihat dari hasil ujian yang diperoleh oleh guru di SMA Negeri 2 Bintan Pesisir. Hal tersebut dapat terjadi karena instrumen asesmen yang digunakan tidak mengaitkan kehidupan sehari-hari siswa. Sebaiknya dalam instrumen asesmen, guru dapat memasukkan fenomena yang ada di kehidupan sehari-hari yang dapat membuat siswa berpikir lebih keras untuk mengingat materi termokimia tentang fenomena tersebut tersebut. Model contextual teaching and learning bisa digunakan dalam pengembangan instrumen asesmen yang akan dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangan instrumen asesmen pengetahuan; 2) mengetahui hasil validitas dari instrumen asesmen pengetahuan; 3) mengetahui hasil praktikalitas dari instrumen asesmen pengetahuan; 4) mengetahui hasil reliabilitas dari instrumen asesmen pengetahuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model penelitian 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Sumber data pada penelitian ini diambil dari guru dan siswa di SMA Negeri 2 Bintan Pesisir. Hasil validasi terhadap 10 soal asesmen menunjukan seluruh soal valid dengan nilai 0,586 hingga 0,912 (syarat: > 0,444). Hasil praktikalitas guru dari instrumen asesmen pengetahuan pada materi termokimia berbasis CTL memperoleh hasil 80% dengan kriteria praktis dan praktikalitas siswa memperoleh 95% dengan kriteria sangat praktis. Hasil reliabilitas yang diperoleh sebesar 0,581 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDFitriyah, DinaNIP. 198804222019032015
UNSPECIFIEDFitriani, RitaNIP. 199110042019032023
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:24
Last Modified: 25 Jul 2024 06:24
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7572

Actions (login required)

View Item View Item