Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS DISPOSISI BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IX PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PREFERENSI SENSORI

FITRIANA, ERIKA and Rahmatina, Desi and Siregar, Nur Asma Riani (2023) ANALISIS DISPOSISI BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IX PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PREFERENSI SENSORI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
ERIKA FITRIANA_190384202063_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (Abstrak)
ERIKA FITRIANA_190384202063_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (BAB I)
ERIKA FITRIANA_190384202063_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
ERIKA FITRIANA_190384202063_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (Full Teks)
ERIKA FITRIANA_190384220263_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kreatif siswa kelas IX pada materi kesebangunan dan kekongruenan ditinjau dari gaya belajar preferensi sensori. Alasan mengambil topik mengenai disposisi berpikir kreatif siswa kelas IX pada materi kesebangunan dan kekongruenan dikarenakan terdapat indikasi bahwa kecenderungan siswa kelas IX dalam berpikir kreatif matematis masih rendah. Meskipun siswa sudah dapat memahami konsep dasar pada materi kesebangunan dan kekongruenan, namun siswa masih masih merasa kesulitan dalam menjawab soal yang memerlukan tahapan berpikir kompleks. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Siswa dari kelas IX tahun ajaran 2022/2023 akan dipilih sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuisioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti melakukan reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis data dan pembahasan, ditemukan bahwa pada gaya belajar visual, siswa kreatif memiliki disposisi yang positif sementara siswa tidak kreatif memiliki disposisi yang negatif. Pada gaya belajar auditorial, siswa kreatif dan siswa tidak kreatif sama-sama memiliki disposisi yang negatif. Pada gaya belajar kinestetik, siswa kreatif memiliki disposisi yang positif sementara siswa tidak kreatif memiliki disposisi yang negatif.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorRahmatina, DesiNIP.197612052021212002
ContributorSiregar, Nur Asma RianiNIP.198712302019032010
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:24
Last Modified: 10 Aug 2023 07:24
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5826

Actions (login required)

View Item View Item