FITRIANA, ERIKA and Rahmatina, Desi and Siregar, Nur Asma Riani (2023) ANALISIS DISPOSISI BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IX PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PREFERENSI SENSORI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
ERIKA FITRIANA_190384202063_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (466kB) |
|
Text (Abstrak)
ERIKA FITRIANA_190384202063_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (155kB) |
|
Text (BAB I)
ERIKA FITRIANA_190384202063_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (265kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
ERIKA FITRIANA_190384202063_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (280kB) |
|
Text (Full Teks)
ERIKA FITRIANA_190384220263_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kreatif siswa kelas IX pada materi kesebangunan dan kekongruenan ditinjau dari gaya belajar preferensi sensori. Alasan mengambil topik mengenai disposisi berpikir kreatif siswa kelas IX pada materi kesebangunan dan kekongruenan dikarenakan terdapat indikasi bahwa kecenderungan siswa kelas IX dalam berpikir kreatif matematis masih rendah. Meskipun siswa sudah dapat memahami konsep dasar pada materi kesebangunan dan kekongruenan, namun siswa masih masih merasa kesulitan dalam menjawab soal yang memerlukan tahapan berpikir kompleks. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Siswa dari kelas IX tahun ajaran 2022/2023 akan dipilih sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuisioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti melakukan reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis data dan pembahasan, ditemukan bahwa pada gaya belajar visual, siswa kreatif memiliki disposisi yang positif sementara siswa tidak kreatif memiliki disposisi yang negatif. Pada gaya belajar auditorial, siswa kreatif dan siswa tidak kreatif sama-sama memiliki disposisi yang negatif. Pada gaya belajar kinestetik, siswa kreatif memiliki disposisi yang positif sementara siswa tidak kreatif memiliki disposisi yang negatif.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2023 07:24 | |||||||||
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:24 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5826 |
Actions (login required)
View Item |