Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR MENURUT DAVID KOLB DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA PADA SISWA KELAS VIII SMP

Putri, Suci Kirani Aprilia and Mariyanti, Elvi and Nur Asma Riani, Siregar (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR MENURUT DAVID KOLB DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA PADA SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
SUCI KIRANI APRILIA PUTRI_2003020017_Pendidikan Matematika - Cover.pdf - Published Version

Download (977kB)
[img] Text (Abtrak)
SUCI KIRANI APRILIA PUTRI_2003020017_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (BAB I)
SUCI KIRANI APRILIA PUTRI_2003020017_Pendidikan Matematika - BAB I.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
SUCI KIRANI APRILIA PUTRI_2003020017_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (530kB)
[img] Text (Full Teks)
SUCI KIRANI APRILIA PUTRI_2003020017_Pendidikan Matematika - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa berdasarkan gaya belajar menurut David Kolb pada siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah delapan siswa yang terdiri dari dua siswa dari masing-masing gaya belajar, yaitu accommodating, assimilating, converging dan divergen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti, angket gaya belajar KLSI (Kolb Learning Style Inventory), lembar tes kemampuan literasi matematis dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar accommodating dan assimilating mampu memenuhi 3 indikator literasi matematis yaitu merumuskan, menggunakan dan menerapkan dan mengevaluasi, siswa dengan gaya belajar converging mampu memenuhi 2 indikator literasi matematis yaitu merumuskan dan menggunakan dan siswa dengan gaya belajar divergen hanya mampu memenuhi 1 indikator literasi matematis yaitu merumuskan. Adapun data yang didapatkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya belajar accommodating dan assimilating lebih baik dibandingkan gaya belajar converging dan divergen.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDMariyanti, ElviNIP. 199103072019032022
UNSPECIFIEDNur Asma Riani, Siregar198712302019032010
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:16
Last Modified: 25 Jul 2024 04:16
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7471

Actions (login required)

View Item View Item